jejaring sosial

6 Jejaring Sosial Populer Yang Wajib Dimiliki

Di era digital saat ini jejaring sosial merupakan hal wajib untuk dimiliki. Social media atau bisa disebut jejaring sosial merupakan salah satu bukti dari perkembangan zaman yang terjadi. Banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan melalui media sosial ini, seperti pertemanan, bisnis, hingga teman hidup.

Contoh jejaring sosial yang mungkin Anda ketahui, seperti facebook, twitter, instagram, path, google+, linkedIn, tinder, myspace, badoo, dan masih banyak lagi. Tetapi, saat ini kita hanya akan membahas 6 hal tersebut yang paling populer.

Facebook

jejaring sosial facebookFacebook adalah salah satu situs jejaring sosial populer yang wajib Anda miliki. Media sosial yang satu ini ditemukan oleh Mark Zuckerberg, Eduardo Saverin, Dustin Moskovitz, dan Chris Hughes pada tahun 2004. Perkembangan sosial media facebook di Indonesia sangat berkembang pesat.

Perkembangan facebook di Indonesia dari tahun ke tahun selalu meningkat. Tercatat bahwa Indonesia menduduki peringkat kedua di dunia sebagai negara pengguna aplikasi ini.

Pengguna aktif bulanan facebook pada awal tahun 2017 mencapai angka 2 miliar. Angka tersebut merupakan perkembangan yang sangat fantastis yang berhasil oleh alumni harvard tersebut. Awal mulanya, facebook diciptakan secara ekslusif untuk mahasiswa elit di Harvard University. Tetapi, seiring perkembangan zaman, Mark memikirkan untuk mengembangakan Facebook dan membuatnya mendunia seperti sekarang.

Twitter

jejaring sosial twitterTwitter ditemukan oleh Jack Dorsey dkk pada 15 Juli 2006. Berbeda dengan facebook, terdapat jumlah kata yang terbatas saat melakukan sekali posting yaitu hanya 140 kata. Meskipun terbatasnya kata dalam sekali twit, tetapi hingga saat ini twitter dapat dikatakan sebagai media sosial yang tercepat dalam penyebaran informasinya. Bahkan lebih cepat dari gempa.

Menurut Jack Dorsey, pemilihan nama twitter merupakan hal yang sangat sempurna. Twitter memiliki arti “celotehan burung” dan “ledakan informasi tidak penting”.

Puncak kejayaan twitter terjadi pada tahun 2007. Pada saat itu merupakan acara SXSWi (South by Southwest Interactive).

Instagram

logo instagram baru dan lamaSejarah Instagram bermula pada tahun 2010 oleh perusahaan Burbn Inc. Perusahaan tersebut merupakan startup untuk aplikasi telepon genggam yang didirikan oleh CEO Kevin Systrom dan Mike Krieger.

Instagram adalah aplikasi berbagi foto secara instan. Serupa dari namanya yang diambil dari kata “Instan” dan “telegram”. Pada aplikasi instagram ini kita dapat mengupload, komen, dan like foto.

Awalnya aplikasi instagram hanya dapat digunakan dan diunduh oleh pengguna iOS. Tetapi seiring berkembangnya aplikasi ini, Anda dapat menggunakan dan mengunduhnya pada aplikasi Android dan juga windows phone.

Seiring berkembangnya aplikasi ini, pada 9 April 2012 diumumkan bahwa facebook telah mengambil alih instagram dengan harga $1 miliar.

Path

logo pathBerbeda dengan jejaring sosial lainnya, Path memiliki keterbatasan dalam berteman. Anda hanya boleh memiliki teman dengan jumlah 500 orang. Jadi, dapat dipastikan bahwa yang berteman dengan Anda hanyalah orang – orang dekat saja.

Awal mulai karir Path ialah pada November 2010. Path termasuk aplikasi yang sangat berkembang. Bayangkan saja, pada tahun 2011 berhasil mencatatkan pertumbuhan pengguna dari 30.000 hingga 300.000 dan itu hanya dicapai dalam 4 bulan.

Pada sosial media Path ini Anda dapat meng-capture moment. Mulai dari upload foto, video, status, bahkan melalukan update saat tidur dan bangun tidur.

Google+

logo google plusGoogle+ resmi diluncurkan pada 28 Juni 2011. Sesuai dengan namanya, bahwa sosial media ini merupakan milik dari Google.

Sayangnya, Keberhasilan Google dalam menciptakan search engine terbesar di dunia sepertinya tidak mengikuti keberhasilannya dalam menciptakan media sosial. Kegagalan Google+ ini disebabkan oleh tidak fokusnya sosial media tersebut. Google berusahan menggabungkan facebook, twitter, dan instagram dalam satu aplikasi. Akan tetapi, pengguna tidak melihat keistimewaan sosial tersebut, mengakibatkan banyaknya pengguna non-aktif pada Google+.

Tetapi, jika Anda seorang penggiat SEO, sosial media ini wajib untuk Anda miliki. Karena, selain Sosial media dapat membantu Anda dalam optimasi SEO, hal tersebut juga karena Google+ adalah secara resmi milik dari Google sendiri.

Jika Anda ingin melakukan optimasi SEO, pastikan untuk melakukan link building dengan tepat. Contohnya jika ingin optimasi keywords Digital Marketing di Jakarta pastikan bahwa Anda menggunakan Anchor text yang tepat. Digital marketing di Jakarta adalah contohnya. Bahwa hal tersebut ingin menjelaskan Red Tree Asia adalah Digital Marketing di Jakarta.

LinkedIn

logo linkedinSitus jejaring sosial LinkedIn berfokus pada Anda yang ingin membangun relasi secara profesional. Hingga pertengahan 2016 tercatat bahwa LinkedIn di Indonesia telah mencapai 8 juta pengguna.

Sejak awal resmi diluncurkannya pada 5 Mei 2003 oleh Reid Hoffman hingga sekarang telah terasa perkembangannya dalam menjalin relasi.

Pada tahun 2016, LinkedIn telah resmi di akuisisi oleh Microsoft seharga Rp340,6 Triliun. Dengan diakuisisinya LinkedIn oleh Microsoft diharapkan dapat mempercepat pertumbuhan LinkedIn.

Manfaat Jejaring Sosial

Setelah Anda mengetahui macam jejaring sosial, selanjutnya harus mengetahui manfaat jejaring sosial.

  1. Memperluas pertemanan
  2. Belajar Beradaptasi
  3. Motivasi diri sendiri dan Orang Lain
  4. Meningkatkan Kepedulian

Hal tersebut diatas akan Anda dapatkan jika memanfaatkan jejaring sosial dalam hal positif. Tentunya terdapat juga hal negatif yang bisa Anda dapatkan dari jejaring sosial. Oleh karena itu Anda perlu dengan bijak memanfaatkan sosial media yang Anda gunakan.

Share : Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on PinterestShare on LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *